Macam-macam Istilah dalam DAS


Berikut istilah-istilah yang sering dipakai dalam DAS:

- Daerah aliran sungai (DAS)

- Daerah pengaliran sungai (DPS),

- River basin,

- Drainage basin,

- Cacthment area,

- Watershed.


Daerah aliran sungai (DAS)

Daerah Aliran Sungai yang biasa disebut DAS adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan. (PP No 37 tentang Pengelolaan DAS, Pasal 1).

Daerah pengaliran sungai (DPS)

Daerah dimana suangai memperoleh air merupakan daerah tangkapan hujan yang biasanya disebut Daerah Pengaliran Sungai (DPS). Dengan demikian DPS dapat dipandang sebagai suatu unit kesatuan wilayah tempat air hujan menjadi aliran sungai (Soewarno, 1997).

River basin

Basin adalah satu dari beberapa tipe perairan yang merupakan nama lain dari daerah aliran.  Istilah basin biasanya disatukan dengan istilah sungai yaitu yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai river basin atau diartikan sebagai daerah aliran sungai. Daerah aliran sungai ini biasa merupakan perairan dari hulu sampai ke hilir.

Drainage basin

Istilah lain dari Daearah aliran sungai

Cacthment area

Catchment area (daerah tangkapan air) merupakan suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis yang dapat berupa punggung-punggung bukit atau  gunung dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan. Catchment area dapat dikatakan menjadi suatu ekosistem dimana terdapat banyak aliran sungai, daerah hutan dan komponen penyusun ekosistem lainnya termasuk sumber daya alam.Namun,komponen yang terpenting adalah air, yang merupakan zat cair yang  terdapat di atas, ataupun di bawah permukaan tanah, termasuk dalam pengertian ini air permukaan, air tanah, air hujan, dan air laut yang berada di darat. Catchment area erat kaitannya dengan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Watershed

Meruapakan istilah lain dari DAS, Daerah Aliran Sungai (DAS) atau watershed adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan di wilayah tersebut ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografi dan batas di laut sampai dengan perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan .Sebuah DAS yang menjadi bagian dari DAS yang lebih besar dinamakan sub DAS; merupakan daerah tangkapan air dari anak sungai.Di dalam DAS terintegrasi berbagai faktor yang dapat mengarah kepada kelestarian atau degradasi tergantung bagaimana suatu DAS dikelola.

Pentingnya sungai bagi kehidupan kita sehingga menjadi kewajiban bagi seluruh elemen masyarkat turut serta dalam melestarikan sungai dan DAS, termasuk juga para pelaku usha pemegang IPPKH wajib melakukan Rehabilitasi DAS, adapaun konsultan rehabilitasi DAS yang dapat kami sarankan adalah PT Kilausurya Alam Lestari, anda bisa menghubungi dan berkonsultasi melalui kilausurya.co.id atau kontak langsun ke no 0812-7991-0832

Comments

Popular posts from this blog

Sungai Mati Jadi Lahan Produktif, Penen Berlimpah

Gaharu Komoditi Hasil Hutan Bukan Kayu

Pemprov SulSel Rehabilitasi Saluran Irigasi di Soppeng