Sungai Dua Rasa, Hidden Paradise di Tengah Hutan Sibolangit


Sungai adalah fenomena geografis di mana air mengalir melalui lahan kering dari satu tempat ke tempat lain. Sungai juga berfungsi sebagai sistem drainase alami, dan aliran air ini terjadi secara alami di semua benua di seluruh dunia, termasuk Antartika.

Sungai memainkan peran yang cukup penting dalam kehidupan dan aktivitas manusia sehari-hari, serta vegetasi dan organisme penghuni di dalam dan di sekitarnya. 

Sebagian besar peradaban kuno seperti Roma, India, Cina, dan Mesir juga ditemukan terletak di sepanjang sungai besar, yang berfungsi sebagai sumber air minum segar yang tiada habisnya dan juga sarana transportasi antar tujuan.

Bagaimana dengan kondisi saat ini? Zaman sekarang, listrik bisa didapatkan melalui pembangkit listrik tenaga air (bendungan) yang dibangun di atas sungai


Mereka menyumbang lebih dari 25% dari pasokan listrik dunia dan sekitar 30% dari air tawar yang tersedia di dunia.

Meski sama-sama diisi dengan air yang mengalir, faktanya terdapat jenis-jenis sungai yang memiliki ciri yang berbeda-beda. 

Misalnya berdasarkan sumber airnya, ada sungai yang airnya berasal dari hujan atau mata air, dan ada juga yang berasal dari gletser, atau pencairan es.

Sumatera Utara memiliki dan menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang tak pernah terbayangkan.

Seperti wisata alam yang satu ini bernama Sungai Dua Rasa, yang juga kerap dikatakan hidden paradise di tengah hutan belantara Sibolangit, Deli Serdang.

Wisata alam Sungai Dua Rasa menawarkan keindahan alam yang unik serta tidak dijumpai di tempat lain.

Pengunjung berenang di Sungai Dua Rasa di Negeri Gugung, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang. 

 Sungainya yang menarik perhatian karena pemandangannya yang masih alami dan asri sekali berada di sekitar banyak pepohonan yang tumbuh.

Dinamai Sungai Dua Rasa, disini kamu dapat merasakan sensasi panas dan dingin dalam satu aliran air. Sensasi ini pasti sangat jarang anda temui di obyek wisata lainnya.

Karena keunikannya itulah, sungai ini dinamakan sungai dua rasa.

Sumber aliran sungai ini berasal dari dua air terjun dengan suhu yang berbeda.

Baca juga : Rehabilitasi DAS Berbasis Pendekatan Bentang Lahan

Suhu panas Sungai Dua Rasa berasal dari air Terjun Sampuren Putih dan Sungai Lau Suruway mengalirkan suhu air dingin.

Disini, kamu bisa bermain air, berendam dan menikmati sejuknya alam Sibolangit. Selain mendapatkan ketenangan, kebugaran setelah berendam juga pastinya akan menyehatkan tubuh yang lelah setelah beraktivitas.

Keindahan alam Sungai Dua Rasa yang berada di Negeri Gugung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Wisata alam yang satu ini juga kerap disebut hidden paradise di tengah hutan belantara Sibolangit.

Keindahan alam Sungai Dua Rasa yang berada di Negeri Gugung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Wisata alam yang satu ini juga kerap disebut hidden paradise di tengah hutan belantara Sibolangit. 

Untuk berkunjung ke Sungai Dua Rasa, lokasinya tepat berada di Negeri Gugung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Apabila dari pusat Kota Medan, kamu membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Untuk menuju Sungai Dua Rasa, kamu dapat menggunakan transportasi darat roda dua dan roda empat. Meski begitu, direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Untuk menuju tepat di lokasi air Sungai Dua Rasa ini, wisatawan harus bejalan kaki atau yang biasa yang disebut dengan tracking. Sekitar 15 menit saja, sungai pun mulai terlihat menyuguhkan keindahaannya.

Fasilitas yang ada di obyek wisata Sungai Dua Rasa memang tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temui, seperti di antaranya :

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai.

- Warung atau tempat makan

Bermain-main air dan berendam selama berjam-jam pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal.

Di sekitar obyek wisata ini anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Bangku kayu

Dengan dibangunnya beberapa bangku di sana, anda bisa dengan santai duduk-duduk sembari menikmati pemandangan air sungai yang jernih, bebatuan sungai, dan tentunya pemandangan alam yang indah dan asri.

- Penginapan

Di sekitar area obyek wisata Sungai Dua Rasa, untuk anda yang butuh tempat untuk bermalam dapat mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usah repot-repot mencari toilet di luar area wisata.

sumber: tribun

Comments

Popular posts from this blog

Sungai Mati Jadi Lahan Produktif, Penen Berlimpah

Gaharu Komoditi Hasil Hutan Bukan Kayu

Pemprov SulSel Rehabilitasi Saluran Irigasi di Soppeng