Pemprov SulSel Rehabilitasi Saluran Irigasi di Soppeng


Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kini fokus merehabilitasi sejumlah infrastruktur pertanian seperti saluran irigasi Leworeng di Kabupaten Soppeng untuk tahun anggaran 2022 guna meningkatkan produktivitas pertanian. 

Terlebih, Provinsi Sulawesi Selatan sebagai daerah yang memiliki potensi kekayaan alam serta dikenal sebagai daerah penopang pangan Nasional. 

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melalui keterangannya di Makassar, Minggu mengatakan, penanganan rehabilitasi di Leworeng, Kabupaten Soppeng tengah berproses untuk mendukung hasil pertanian yang maksimal. 

“Tujuan dari pengerjaan ini, yaitu memperbaiki/mengembalikan dan mengoptimalkan fungsi saluran irigasi sehingga dapat meningkatkan hasil produksi tanam petani,” katanya. 

Adapun luas fungsional mencapai 2.187 hektare. Dengan pengerjaan ini, maka akan mengoptimalkan penyaluran seluas 420 hektare. 

“Kita berharap, dengan rehab di Leworeng ini, maka akan menormalkan kembali fungsi aliran air dari Bendung Leworeng ke lahan pertanian masyarakat,” ujarnya. 

Rehabilitasi daerah aliran air ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian, yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

sumber: antaranewsrehabilitasi

Comments

Popular posts from this blog

Sungai Mati Jadi Lahan Produktif, Penen Berlimpah

Gaharu Komoditi Hasil Hutan Bukan Kayu